banner
banner

Create Data Validation

Data Validation - CREATE.jpg

Kegunaan Ms. Excel dalam proses cleansing maupun collecting data sangat penting bagi konsultan maupun bagi user SAP. Salah satunya yaitu Data Validation. Data Validation ini sangat berfungsi dalam membatasi pengisian pada field SAP agar tidak di isi sembarangan / tidak sesuai format yang sudah di define di SAP. Maka, berikut adalah cara untuk dapat membuat Data Validation pada excel :

Pertama, Buat dahulu parameternya, apa saja isiannya. Kemudian untuk mempemudah keterangan antara code dengan deskripsi, bisa dibuat rumus nya, sebagai contoh antara kolom CODE dengan DESKRIPSI, maka contoh rumusnya adalah =KLIKKOLOMCODE&”=”&KLIKKOLOMDESKRIPSI

Kedua, Blok kolom excelnya yang akan di gunakan sebagai kolom pengisian. Kemudian klik Tab DATA → Data Validation → Data Validation .

Ketiga, Pada Tab SETTINGS, isi field ALLOW dengan LIST, kemudian pada field SOURCE isi dengan kolom yang dijadikan acuan parameter yang sudah di buat di step Pertama

Keempat, Pada Tab ERROR ALERT, pilih field STYLE dengan STOP, sehingga jika kolom di ketik sembarangan / tidak sesuai dengan parameter, tidak akan bisa di enter (harus di isi benar sesuai dengan parameternya)

 

 

pic source : https://www.google.co.id/search?biw=1366&bih=637&tbm=isch&sa=1&ei=DqFdWq_oK5C0zwK5vJqwDA&q=valid&oq=valid&gs_l=psy-ab.3…60780.61404.0.61648.5.5.0.0.0.0.0.0..0.0….0…1c.1.64.psy-ab..5.0.0….0.lSWhFqSBl7A#imgrc=XE8X4McDKr2nEM:


Article Categories:
EXCEL

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *