Melakukan Testing Enhancement Auto Email Preventive Maintenance Order

Pada enhancement untuk Auto Email pada transaksi Preventive Maintenance Order, yaitu di kondisi Maintenance Order yang sudah jatuh tempo, bisa dilakukan trigger berdasarkan setting email yang di gunakan di konfigurasi Planner. Kemudian Planner mana yang akan mendapatkan email tersebut, tergantung pada Planner yang di pilih pada Maintenance Plan. Sebaliknya jika planner di Maintenance Plan tidak di isi, maka ketika Maintenance Order tergenerate secara otomatis, maintenance order tersebut tidak akan mengirimkan email.

Untuk melakukan testing apakah enhancement ini berhasil, maka dibuat 2 skenario, yaitu 1 MO tanpa planner, dimana seharusnya MO tersebut tidak akan terkirim ke email manapun.

Kemudian 1 MO dengan planner, dimana seharusnya MO tersebut akan terkirim ke email yang sudah di assign pada konfigurasi planner.

Lakukan testing, dengan melakukan call IP10 dan pastikan waktu nya sudah jatuh tempo hingga tergenerate Maintenance Order. Kemudian kita bisa melakukan check nomor maintenance order nya dari IP24.

Setelah itu, running program yang sudah di buat team ABAP sesuai dengan design spec yang sudah kita buat sebagai functional consultant, sesuai tcode yang sudah di buat oleh team ABAP.

Sesuai ekspektasi, harus ada yang berhasil (yang memiliki planner group & data emailnya), dan ada yang gagal dimana yang gagal adalah yang tidak memiliki planner group, karena tidak ada data emailnya.

Kemudian cek request email di SAP, melalui SOST. Dan kemudian push sent to email, agar di terima email nya.

Maka progres email dapat di check dan testing sudah berhasil.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s