Mengganti Number Ranges External to Internal

Biasanya saat awal implementasi, yaitu di saat awal collecting seluruh data, utamanya equipment, terdapat ribuan bahkan puluhan ribu master data equipment yang akan di upload ke SAP. Dari ribuan master data tersebut, pastinya tidak semua equipment merupakan level 1. Bisa jadi 1/3 nya adalah level 1, dan 2/3 nya adalah level 2,3,4,dst

Jika kita tidak menggunakan sistem external number ranges untuk menentukan penomoran equipment di awal, akan sangat sulit untuk mengupload equipment di level 2,3,4,dst. Karena kita harus bisa menentukan equipment induk nya sebelum kita bisa mengupload. Jika kita menggunakan mapping dan mengandalkan excel dengan rumus vlookup, juga akan memakan waktu terlalu lama, belum lagi resiko kesalahan mapping karena beberapa equipment memiliki deskripsi yang sama.

Namun disisi lain, jika kita menggunakan external number ranges untuk seterusnya sampai setelah Go-Live, maka user akan kesulitan untuk menentukan penomorannya, apalagi kalau master data administrator tidak dilakukan secara terpusat. Akan banyak number ranges yang terskip karena tidak mengupdate nomor terakhir yang telah digunakan di SAP.

Maka solusi nya adalah, selama design sebelum golive, gunakan external number ranges untuk memudahkan penentuan penomoran di awal, kemudian setelah semua equipment di upload di client Production, ubah ke intenal number ranges. Sehingga setelah golive, SAP akan memberika penomoran secara otomatis, tanpa harus di tentukan dari awal.

Bagaimana cara mengubahnya?

Pertama, setelah semua equipment di upload, cari nomor terakhir yang di gunakan di setiap equipment category yang di daftarkan. Acuan nomor tersebut yang akan di define pada NR Status

number ranges1number ranges3

Kedua, Hapus number ranges yang telah di buat

number ranges4number ranges5number ranges6

Ketiga, buat lagi number ranges yang sama

number-ranges7.jpgnumber-ranges8.jpgnumber ranges9number-ranges10.jpg

Maka ketika dilakukan negatif test, tidak akan berhasil

number ranges11

Dan jika dilakukan positif test, akan berhasil

number ranges12

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s