System Status Combination

Berikut penjelasan mengenai system status yang ada di dalam suatu maintenance order.

  • CRTD MANC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut baru saja dibuat dan belum direlease dan didalamnya terdapat komponen yang dibutuhkan untuk order tersebut tetapi stocknya tidak dimaintain availability nya (MANC)

  • REL MANC NMAT SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut dibuat dan sudah di release . Pada saat pertama kali dibuat order tersebut membutuhkan material, tetapi semua komponen tersebut di delete.

  • REL CNF GMPS MANC SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease, ada komponen yang dibutuhkan untuk order tersebut yang stocknya tidak dimaintain availability nya (MANC), barang tersebut sudah di good issue oleh pihak warehouse (GMPS), serta sudah dilakukan Final Konfirmasi untuk order tersebut (CNF).

  • REL GMPS MACM SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease, ada komponent yang di butuhkan untuk order tersebut, sedangkan dari segi availability komponen tersebut mencukupi untuk kebutuhan order (MACM), dan pihak warehouse sudah melalukan pengeluaran barang

  • REL GMPS MANC MSPT SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease, ada komponen yang dibutuhkan untuk order tersebut, tetapi komponen yang dibutuhkan ada 2 macam, yaitu yang dimaterial masternya memaintain availability checknya tetapi stocknya kurang mencukupi (MSPT) dan yang di material masternya tidak memaintain availability check (MANC), dan ada komponen yang telah di keluarkan oleh pihak warehouse (GMPS).

Untuk Status seperti ini sebaiknya di check dahulu untuk material yang mengalami Shortage (MSPT) karena misalnya kita minta reservasi 5, tetapi stock di gudang hanya ada 3, maka otomatis material itu dikatakan shortage dan pada saat good issue harus di confirm apakah mau di final issue atau akan ada good issue lagi buat yang sisanya, karena ini akan berpengaruh pada maintenance ordernya juga dalam hal costing dan sebagainya. Setelah itu selesai semua bisa dilanjutkan dengan proses seperti Settlement, konfirmasi, TECO dan BUCO.

  • REL GMPS MANC SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease, ada komponen yang dibutuhkan untuk order tersebut yang pengadaaannya tidak dimaintain melalui MRP (MANC), serta sudah dilakukan proses pengambilan barang dari warehouse (GMPS).

  • REL MACM SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease, ada komponen yang dibutuhkan untuk order tersebut dan dari segi availability mencukupi stocknya sesuai yang dibutuhkan (MACM).

  • REL MANC MSPT SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease, ada komponen yang dibutuhkan untuk order tersebut, tetapi komponen yang dibutuhkan ada 2 macam, yaitu yang dimaterial masternya memaintain availability checknya tetapi stocknya kurang mencukupi (MSPT) dan yang di material masternya tidak memaintain availability check (MANC), dan semua komponen belum di keluarkan oleh pihak warehouse.

  • REL MANC SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease, ada komponen yang dibutuhkan untuk order tersebut yang pengadaaannya tidak dimaintain melalui MRP (MANC).

  • REL MSPT SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease, dan ada komponen yang dibutuhkan dengan memaintain availability checknya di material master, tetapi stock yang ada tidak mencukupi untuk order tersebut sehingga timbul shorttage (MSPT)

  • REL NMAT SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease dan tidak ada komponen yang dibutuhkan untuk order tersebut.

  • REL PCNF GMPS MANC MSPT SETC : Maintenance order yang mempunyai status seperti ini artinya order tersebut sudah direlease, ada komponen yang dibutuhkan untuk order tersebut, tetapi komponen yang dibutuhkan ada 2 macam, yaitu yang dimaterial masternya memaintain availability checknya tetapi stocknya kurang mencukupi (MSPT) dan yang di material masternya tidak memaintain availability check (MANC), dan ada komponen yang telah di keluarkan oleh pihak warehouse (GMPS), dan sudah dilakukan proses konfirmasi secara parsial untuk operasi tertentu.

Sebagai catatan bahwa untuk system status yang ada di SAP baik itu di modul PM ataupun modul lain, banyak sekali kombinasi-kombinasi yang terjadi. Semua itu menunjukkan transaksi apa saja yang dilakukan pada suatu maintenance order.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s