Cara mencari posisi TCODE / menu text di SAP Menu Path

Jika ingin mencari dimana letak sebuah TCODE berada dalam SAP Menu Path, caranya adalah :

1. Ketik SEARCH_SAP_MENU pada field tempat menulis TCODE, lalu tekan ENTER

SEARCH

2. Masukkan TCODE yang ingin dicari, lalu tekan ENTER atau klik ok. Misalkan dalam kasus ini, ingin mencari dimana letak IE01 (Create Equipment) berada dalam SAP Menu path.

SEARCH2

3. Akan muncul beberapa Node dari hasil pencarian. Pilih sesuai dengan modul, dalam kasus ini adalah modul PM, yaitu Plant Maintenance.

SEARCH3.png

4. Cara membaca untuk mengikuti sesuai urutan SAP Menu Path adalah dengan membaca dari BAWAH KE ATAS, yang artinya, untuk menemukan lokasi dari IE01 adalah dengan berawal dari Logistics → Plant Maintenance → Management of Technical Objects → Equipment → Create (General), seperti pada gambar berikut

SEARCH4.png


Namun jika ingin mencari dimana letak sebuah menu text berada dalam SAP Menu Path, caranya adalah :

1. Ketik SEARCH_SAP_MENU pada field tempat menulis TCODE, lalu tekan ENTER

SEARCH

2. Masukkan TEXT yang ingin dicari, lalu tekan ENTER atau klik ok. Misalkan dalam kasus ini, ingin mencari dimana letak WORK CENTER berada dalam SAP Menu path.

SEARCH5

3.  Akan muncul beberapa Node dari hasil pencarian. Pilih sesuai dengan modul, dalam kasus ini adalah modul PM, yaitu Plant Maintenance.

SEARCH6.png

4. Cara membaca untuk mengikuti sesuai urutan SAP Menu Path adalah dengan membaca dari BAWAH KE ATAS, yang artinya, untuk menemukan lokasi dari WORK CENTER adalah dengan berawal dari Logistics → Plant Maintenance → Management of Technical Objects → Environment → Work Centers, seperti pada gambar berikut

SEARCH7.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *